Langkat News

Kabupaten Langkat Terus Bergerak Menghadapi Era Digitalisasi

Gaungdemokrasi.com – Langkat

Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy AP, M.AP Membuka Kegiatan Edukasi Bussines Matching Kepada Santri di Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat, Jumat (22/3/2024).

Implementasi Program Kerja TPKAD Kabupaten Langkat Periode 2024 yakni program kerja santri Uswatun Pemda Langkat menyelenggarakan kegiatan Edukasi dan Bussines Matching di lingkungan pondok pesantren Ibadurrahman Stabat.

Pj Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada OJK yang telah memfasilitasi atas kegiatan edukasi dan business matching pembukaan rekening untuk santri di Kabupaten Langkat.

 “Keberadaan santri merupakan hal yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta potensi dalam keuangan syariah melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah” ucapnya.

Tim percepatan akses keuangan daerah ( TPKAD) Kabupaten Langkat sebagai pelopor TPKAD  di Sumatera Utara yang telah meraih TPKAD Award penyedia akses keuangan terbaik pada tahun 2020 digerakkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Langkat bekerjasama dengan otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta lembaga Jasa Keuangan ( LJK) formal, akan terus berusaha menyediakan akses keuangan dan edukasi keuangan seluas-luasnya bagi masyarakat Kabupaten Langkat terkhusus untuk santri dan santriwati yang akan menghadapi era digitalisasi dan dinamisme ekonomi di masa depan.

“Harapan saya dengan kegiatan edukasi yang kita laksanakan para santri dan santriwati dapat memahami dengan baik mengenai manajemen keuangan sejak dini sehingga kekuatan literasi finansial para santri dan santriwati menjadi lebih kokoh dengan memiliki pengalaman langsung dalam pengelolaan keuangan yang terhubung dengan lembaga jasa keuangan,”ucapnya Pj Bupati Langkat.

Ketua yayasan Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat Bapak, Ustad.Ahmad Muklis Siregar, Hari ini dengan berada pada suasana bulan ramadan kita bisa ber majelis dan bersilaturahmi sesuai dengan yang direncanakan.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dipilihnya Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat dalam Gerak Syariah yaitu gebyar ramadhan keuangan syariah, dimana nanti akan ada kerjasama dengan bank syariah Islam tentang bagaimana mengelola keuangan syariah, Mudah-mudahan kedepan dengan gerakan syariah perekonomian pengelolaan keuangan berdasarkan Islam syariat tidak tergoyangkan,”ucapnya.

Selanjutnya penyerahan secara simbolis kepada 10 orang santriwan dan santriwati buku rekening tabungan simple syariah
Penyerahan secara simbolis smart agent kepada salah satu pegawai pondok pesantren Ibadurrahman 

Deputi  Direktur Pengawasan Prilaku PUJK, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Bapak,Yovvi  Sukandar,  menyampaikan bahwa 
 program kerja santri Uswatun bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan kecakapan keuangan syariah di lingkungan pondok pesantren sehingga pondok pesantren berperan tidak hanya sebagai lembaga pendidikan namun juga sebagai lembaga sosial dan lembaga dakwah,”ucapnya.

Untuk di ketahui bersama kemanfaatan dari smart agent  dalam sistem pembayaran elektronik literasi dan inklusi keuangan untuk tingkat pondok pesantren semakin merata, karena kemungkinan ke depan kita sudah tidak lagi menggunakan sistem manual nah jadi dengan adanya smart agent diharapkan sistem pembayarannya lebih tertata dengan pembukuan yang baik dan akuntabel.

Turut hadir
– Asisten Adm  Ekbangsos H.Sukhyar Mulyamin,S.Sos,M.SI
– Kadis Perhubungan Arie Ramadhany,S.IP,M.SP
– Kabag Perekonomian dan SDA Indri Nugraheni,SE,MM,Akt
– Kabag umum Mahardika Sastra Nasution,S.STP,M.AP 
– Kabag Prokopim Winnanda Akbar SSTP
– Analis Yunior Implementasi Kebijakan SP Bank Indonesia, Ibu Fika Ahmad
– Perwakilan Bank Syariah Indonesia. @ Jamal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *